Hadits Palsu Nan Populer

Disusun oleh Abdullah Imam

Bertebaran hadits-hadits palsu di sekitar kita adalah diantara sekian banyak sebab yang menyeret umat ini ke jurang kebinasaan aqidah, ibadah dan muamalah. Bagaimana tidak, hadits-hadits tersebut sengaja dibuat-buat oleh mereka yang menyimpan kedengkian yang dalam kepada Islam dan muslimin guna menjerumuskan ummat ini ke dalam keterpurukan akibat yang meyakini sesuatu yang sebenarnya palsu. Sungguh tidak sama sabda Nabi Sholalallahu ‘Alaihi Wasallam dengan celotehan manusia biasa.

“Agama ini akal, barangsiapa tidak beragama maka ia tidak berakal”

Komentar pakar hadits:
Al Imam An Nasa’i dalam Al Kuuna, berkata: “Ini Adalah Hadits batil yang munkar”. Berkata Ibnul Qayyim dalam Al Manar hal 25 “Hadits-hadits yang berbicara tentang akal seluruhnya kadzib (dusta)”. Lihat Ad Dhaifah (no 1 halaman 53).

“Beramallah untuk duniamu seakan-akan engkau akan hidup selama-lamanya, dan beramallah untuk akhiratmu seakan-akan engkau mati esok”

“Cinta tanah air sebagian dari iman”

Komentar pakar hadits:
Hadits ini palsu sebagaimana dikatakan oleh Al Imam Ash Shan’ani Rahimahullah dan yang selainnya. Lihat Ad Dhaifah (no 36 halaman 110)

“Perbedaan umatku adalah rahmat”

Al Manawi menukil dari As Subki bahwa ia berkata, “Hadits ini tidak dikenal di kalangan ahli hadits dan saya belum mendapatkannya dengan sanad yang shahih atau dhaif maupun yang palsu”. Lihat Ad Dhaifah (no 57 halaman 141).

“Tuntulah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina”

Komentar pakar hadits:
Hadits ini bathil. Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adi (2/207) dan Abu Nu’aim dalam Akhbar Ashbahan (106/2). Lihat Ad Dhaifah (no 416 halaman 600)

Sumber: Majalah As Salam no IV/Tahun II- 2006/1427 Hijriyah

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: